Resep dan Cara Memasak Kari Ayam Kampung

Artikel Terkait Resep Masakan
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Masakan dan Cara Memasak dari Bunda Aisyah -

Terinspirasi dari tukang lontong kari yang suka lewat sekolahnya Badar, enak banget! Saya jadi pengen coba-coba bikin sendiri,  awalnya gak PeDe sih, mengingat resep ini kayanya buat koki kelas berat ya.. Bukan pemula kaya saya 😅

Masak tanpa ekspektasi soal rasa,  eh pas diicip-icip lumayan enak,  mirip-mirip kaya punya tukang lontong kari, dan sepertinya nanti akan bikin lagi plus lontongnya (apa sekalian jualan aja gitu ya? 😌...bhhaahaha 😂)

Masih ada yang bingung apa bedanya kari dan opor? Sepintas dari foto mirip-mirip opor ya 😅 jelas aja,  bumbu dasarnya sama,  tapi setelah ditambah ini itu rasanya jadi beda banget.

Untuk kari rasa rempahnya lebih strong, mungkin kari adalah versi indianya opor.. Maybe 😪
whatever,  Ini dia resep kari ayam kampung..

Waktu memasak: 60 menit
Porsi: 2-3 orang

Bahan:
🍛 500 g ayam kampung,  bersihkan potong sesuai selera
🍛 1 buah kentang ukuran besar, potong sesuai selera
🍛 2 lembar daun salam
🍛 3 lembar daun jeruk
🍛 1 buah serai,  geprek
🍛 2 ruas jahe,  geprek
🍛 2 ruas lengkuas,  geprek
🍛 1 1/4 sdt garam
🍛 1/2 sdt merica bubuk
🍛 65 ml santan instan
🍛 1000 ml air
🍛 Minyak untuk menumis

Bumbu halus:
🍛 5 siung bawang merah
🍛 3 siung bawang putih
🍛 4 butir kemiri
🍛 1/2 sdm ketumbar
🍛 1 sdt jinten
🍛 2 ruas kunyit
🍛 5 buah cabe merah (optional)
 (Kalo gak mau ribet ulek-ulek, semua bumbu halus ini bisa di ringkas pake bumbu kari instan merek bamboo, rasanya identik, gak tau kalo merek yang lain *ini bukan iklan*)

Cara:
🍛 panaskan minyak di wajan untuk menumis,  jika sudah panas,  masukan bumbu halus,  tumis hingga wangi.
🍛 masukan ayam,  tunggu hingga kaldunya keluar atau bumbu agak becek,  baru masukan air,  dan bumbu-bumbu lainnya.
🍛 Kalau air sudah mendidih,  dan ayam cukup empuk,  masukan santan,  garam,  dan merica.  Masak sampai bumbu meresap dan air menjadi agak kental (berminyak), koreksi rasa.
🍛 Resep kari ayam kampung siap dihidangkan (bisa diberi taburan bawang goreng jika suka)

💌 tips: saya ditambah telur rebus 2 biji,  lumayan enak juga 👍

Pelengkap:
🍣 lontong nasi, 🍛 sayur godog betawi, dll


Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :