Resep dan Cara Memasak Fried Apple Pie

Artikel Terkait Resep Cemilan
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Masakan dan Cara Memasak dari Bunda Aisyah - Sore-sore dan hujan waktu yang paling pas untuk ngopi dan ngeteh hangat ☕🍡..ditemani dengan makanan dan kue-kue kecil.. Tidak perlu cape-cape ngafe,  apa lagi kalau emang gak ada cafe yang deket.. 😝

Kue pie kayanya cocok banget buat temen ngeteh,  biar berasa di Indonesia rasa eropa. Pengen banget sih coba eksekusi kue pie,  walaupun ini kayanya agak ribet juga.
Kebetulan resto junkfood sebelah lagi happening bikin kue pie goreng dari apel dan kayu manis gitu,  dan rasa-rasanya kayanya gak terlalu rumit juga.

Bahan bakunya sih simpel aja,  apel Malang. Langsung aja pergi ke pasar dan cari-cari.  Kenapa apel Malang? Gak apel Washington atau apel fuji? Karena apel Malang teksturnya lebih keras,  sehingga gak mudah hancur saat di masak,  terus Wangi apelnya yang khas bikin seger.

Yang unik lagi dari pie apel ini adalah aroma kayu manis yang kuat, yang membuat kue ini terasa sangat elegan. Sedikit tentang kayu manis,  jenis tanaman ini lumayan tumbuh subur di asia tenggara, dan memiliki rasa yang khas. Khasiatnya ternyata cukup banyak untuk kesehatan, selain sebagai tanaman bumbu.

Gak usah panjang lebar lagi,  mari kita eksekusi saja resep kue pie ini, tambahan lain, pie apel goreng ini cocok untuk para newbie di bidang kue dan pastri, karena simpel banget.

RESEP FRIED APPLE PIE 
ala Dapur Mama Badar


Waktu memasak: 60 menit
Porsi: 10 buah

Bahan isian:
🍏 350 gr apel malang, pisahkan kulit dan bijinya,  lalu potong dadu kecil.
🍏 60 gr gula merah
🍏 1/2 sdt kayu manis bubuk
🍏 1 sdm mentega (sekitar 15 gr)
🍏 50 ml air
🍏 1 sdm air jeruk nipis (dari 1/2 butir jeruk nipis ukuran sedang)

Bahan kulit:
🍏 250 tepung terigu
🍏 75 gr mentega
🍏 3 sdm minyak sayur
🍏 1 sdm gula pasir
🍏 sejumput garam
🍏 75 ml air (sekitar 11 sdm)

Cara:
Membuat isian:
🍏 pertama setelah apel sudah dipotong dadu kecil,  panaskan mentega di atas api,  setelah mentega mencair masukan gula merah,  aduk hingga menjadi karemel.
🍏 kemudian masukan apel dan sedikit air,  masak hingga apel agak layu,  lalu tambahkan kayu manis dan air jeruk nipis,  masak hingga aroma tercium,  setelah matang,  sisihkan.

Membuat kulit:
🍏 cairkan mentega dan minyak,  sambil menunggu masukan tepung dan gula di sebuah wadah untuk membuat adonan.
🍏 masukan mentega cair ke dalam tepung,  aduk hinga menjadi butir-butir. Kaliskan dengan air, tuangkan air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis,  setelah kalis sisihkan.
🍏 tipiskan adonan,  kemudian potong persegi sekitar 12 x 12 cm.  (Kalau aku karena belum dapet seponsor untuk pengadaan gilingan mie 😝 aku pake bekas botol sirup dan pelastik sebagai alas,  ambil sedikit-sedikit adonan sekitar 20 gr lalu gilas di atas plastik dengan botol bekas sirup.
🍏 ambil selembar kulit lalu masukan isian apel ke dalamnya,  lipat dua dan pada ujungnya padatkan dengan garpu,  agar isinya tidak buyar.
🍏 panaskan minyak untuk menggoreng,  kemudian goreng pie apel hingga berwarna kecoklatan.
🍏 setelah matang angkat dan tiriskan.
🍏Resep fried apple pie siap dihidangkan.

Pelengkap:
🍡Teh hangat tanpa gula, ☕ kopi, dan lain-lain

Add Friend
Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :