Berbagai Resep & Cara Membuat Tumis Terong Telunjuk Bumbu Tauco

Artikel Terkait Resep Sayuran
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu'alaykum


Sudah lama saya ketemu dengan terong telunjuk ini jika belanja di tukang sayur. Tapi selama ini cuma bengong aja, nggak pernah kepikir untuk mencobanya.
Habis saya ketemu terong telunjuk ini setelah tinggal di Ciledug.Barulah setelah tanpa sengaja ketemu resep di internet, saya kepingin mengolahnya. Sambil tanya-tanya sama pejualnya, saya memutuskan untuk dimasak dengan tahu dan bumbu tauco.
Ketika di Solo belum pernah liat ujudnya. Seperti biasa masakan tumis yang praktis, biar cepet selesai. Setelah matang ternyata enak lho. Secara tekstur terong telunjuk lebih keras daripada terong biasa. Maksudnya terong ungu atau hijau yang biasa dimasak balado atau lodeh itu lho. Jadi kalo pingin agak lembut, bisa dimasak agak lama. Dinikmati dengan nasi anget, Ya Allaah enak banget....

Bahan :
300 gr terong telunjuk
10 bh tahu goreng segitiga, potong sesuai selera
2 sdm tauco
1 sdt kecap ikan 
1 sdm saus tiram
1 sdt gula pasir 
1/4-1/2 sdt garam halus
1/8 sdt merica bubuk
150 ml air
 
Bumbu iris :
6 bh bawang merah
3 siung bawang putih
6 bh cabe merah keriting iris serong
3 bh cabe rawit merah, potong serong
 
Cara membuat :
  1. Cuci terong telunjuk, buang tangkainya kemudian belah memanjang.
  2. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bumbu iris sampai harum. Menyusul kecap ikan, saus tiram dan tauco, lanjutkan menumis sampai bumbu setengah kering.
  3. Masukkan terong dan tahu, aduk sampai rata.
  4. Tuangi air. Beri garam, gula dan merica. Masak sampai terong matang dan airnya habis. Koreksi rasanya. Jika sudah pas matikan api.




وَلَقَدْ اٰتَيْنَا لُقْمٰنَ الْحِكْمَةَ اَنِ اشْكُرْ لِلّٰهِ  ؕ  وَمَنْ يَّشْكُرْ فَاِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهٖ ۚ  وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ  حَمِيْدٌ 

Dan sungguh, telah Kami berikan hikmah kepada Luqman, yaitu, "Bersyukurlah kepada Allah! Dan barang siapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Mahakaya, Maha Terpuji." ~ QS. Luqman ayat 12
 


Jangan lupa untuk menyimpan halaman website ini (bookmark) untuk mendapatkan artikel resep masakan terbaru lainnya. Salam..

Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :