Berbagai Resep & Cara Membuat Nasi Goreng Kambing

Artikel Terkait Resep Nasi
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Assalamualaykum


Masih punya daging kambing di freezer nih. Sudah lama penasaran pingin masak nasgor kambing.
Kayak apa ya rasanya nasgor kambing tuh. Setelah browsing internet sana sini akhirnya segera masuk dapur dan uprek sampai mendapatkan rasa yang pas. Nasi goreng kambing ini saya masak dengan bumbu rempah seperti gule gitu. Rada banyak sih bumbu rempahnya tapi sepadan dengan rasanya. Ini adalah pertama kalinya saya makan nasgor kambing. Menurut saya pribadi enak, apalagi dengan rempah banyak gini karena saya penggemar masakan berempah seperti nasi kebuli, kari, gulai atau tongseng kambing. Sedep deh makan nasgor kambing begini. Kapan-kapan bikin lagi ah. Enak sih...


Bahan :
400 gr daging kambing
600 gr nasi pera yang sudah dingin
3 sdm kecap manis
3 sdm margarin
2 cm kayumanis
garam dan gula pasir secukupnya
bawang goreng untuk taburan

Bumbu halus :
10 butir merica bulat
1/2 sdt jintan
1 sdt ketumbar
2 cm kunyit
1/8 butir biji pala
2 butir kapulaga
4 butir cengkih
3 butir kemiri
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
10 bh cabe merah keriting
2 bh cabe rawit merah

Cara membuat :
  1. Rebus daging kambing sampai empuk. Angkat dan tiriskan. Ambil kaldunya 200 ml. Potong dadu daging kambing kemudian sisihkan.
  2. Dalam wadah besar, aduk-aduk nasi dingin sampai buyar (tidak bergumpal) kemudian tuangi kecap manis, beri garam dan gula pasir, aduk rata. Sisihkan.
  3. Panaskan margarin sampai meleleh, masukkan bumbu halus dan kayumanis, aduk-aduk sampai matang dan kering. Tandanya, bumbu dan minyak terpisah. Gunakan api agak kecil supaya tidak hangus. 
  4. Setelah bumbu matang dan kering masukkan daging kambing beserta kaldunya. Beri garam dan gula. Biarkan mendidih dan air jadi menyusut serta mengental.
  5. Masukkan nasi, aduk sampai rata. Koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk atau penyedap rasa, silakan ditambahkan. Masak sampai air habis dan nasi sedikit kering. Jangan lupa ketika memasak, aduk-aduk terus supaya nasi tidak gosong. Angkat dari api dan sajikan hangat bersama bawang goreng.
Note :
* jika menyukai tekstur nasi yang agak lembab, kaldu boleh ditambahkan. Tingkat kelembaban nasi silakan dimasak sesuai selera ya.





Jangan lupa untuk menyimpan halaman website ini (bookmark) untuk mendapatkan artikel resep masakan terbaru lainnya. Salam..

Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :