Berbagai Resep & Cara Membuat Cuwe/Pindang Goreng Sambal Santan

Artikel Terkait Resep Sayuran
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Assalamualaykum


Lama bingiiiits nggak makan cuwe/pindang goreng. Kangen deh dengan ikan satu ini. Ikan yang tergolong murah meriah tapi enak dan luwes dimasak apa aja.
Di rumah ikan ini jadi favorit semua orang. Jika disediakan beberapa ikan di rumah, pasti pada pilih cuwe. Nggak mau kalah sama kucing di rumah hihi....Kali ini cuwenya disajikan bersama sambal yang diberi santan. Resep dasarnya sih sambel tomat biasa hanya diberi santan agak kental biar gurih. Jika tidak ada ikan cuwe bisa ikan apa aja. Sesuaikan dengan selera teman-teman ya. Atau pake tahu dan tempe goreng juga oke kok. Sajikan bersama nasi hangat dan lalap segar.

Bahan :
10 ekor ikan cuwe/pindang
10 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting
5 bh cabe rawit merah
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 bh tomat merah, potong tipis-tipis
1 sdt terasi bakar
3 lbr daun jeruk
1 batang serai
2 lbr daun salam
garam dan gula merah secukupnya
150 ml santan dari 1/4 butir kelapa parut

Cara membuat :
  1. Cuci ikan cuwe menggunakan air hangat, tiriskan. Goreng ikan sampai matang, angkat dan tiriskan.
  2. Rebus semua cabe, bawang merah dan bawang putih dalam air mendidih selama 15 menit. Angkat, tiriskan. Uleg/blender bersama terasi sampai halus. 
  3. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis tomat, daun jeruk, serai dan daun salam sampai tomat agak berkurang airnya. Masukkan cabe halus dan santan, aduk-aduk sampai rata.
  4. Bumbui garam dan gula merah, koreksi rasanya. Jika santan sudah agak kering matikan api. Angkat dan sajikan bersama cuwe goreng. 
 


Jangan lupa untuk menyimpan halaman website ini (bookmark) untuk mendapatkan artikel resep masakan terbaru lainnya. Salam..

Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :