Berbagai Resep & Cara Membuat Apam Nasi Snow White

Artikel Terkait Resep Nasi
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Assalamualaykum


Daftar lama yang akhirnya saya bikin karena bingung yang mana harus dibuat duluan. Apam yang terkenal di tanah melayu Malaysia ini beneran membuat saya tergiur.
Sebabnya apalagi kalo bukan bahan yang mudah didapat. Bahannya cuma tepung beras, terigu, nasi beserta gula yang setiap hari ada di dapur. Sebagai pengembang saya menggunakan fermipan. Kemarin sempat tanya tanya sedikit kepada pemilik resepnya, mb Mimie yang sekarang jadi Bakul Kue di Dumai sono. Saya nyontek resepnya tapi hanya setengah bagian. Biar cepet habis gitu. Proses bikinnya saya modif karena ragi instannya baru saja keluar dari kulkas, sehingga diaktifkan dulu dengan cara dibuat biang. Setelah matang enak lho. Menul-menul spongi. Membal maksudnya. Teksturnya padat bikin gampang kenyang (lha wong pake nasi gitu) dan pori-porinya rapat, tapi tidak keras. Ketika motret saya nyicip sepotong dan ternyata kurang. Akhirnya comat comot beberapa kali entah lapar atau saking enaknya hihi....



Apam Snow White
Sumber : Jasmin's Kitchen
Modif : Rina Audie

Bahan :
6 gr ragi instant
1 sdt gula pasir
100 ml air hangat

125 gr tepung beras
60 gr tepung terigu serbaguna
150 gr gula pasir (terlalu manis sedikit buat saya)
1/4 sdt garam halus
100 gr nasi putih
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa, rebus, dinginkan

 Cara membuat :
  1. Biang : campur ragi instant, gula dan air hangat. Tutup dan diamkan selama 15 menit sampai berbuih.
  2. Dalam wadah besar campur tepung beras, terigu, gula pasir dan garam. Aduk rata dan sisihkan. Masukkan nasi dan sedikit santan ke dalam blender, proses sampai halus. 
  3. Masukkan nasi halus dan larutan ragi (biang) ke dalam campuran tepung. Aduk rata sambil dituangi sisa santan. Adonan yang terbentuk agak cair/encer. Tutup dan fermentasikan selama 1 jam sampai naik dan berbuih. 
  4. Siapkan loyang bentuk cincin diameter 18-20 cm, olesi minyak goreng. Panaskan kukusan sampai mendidih airnya. Ambil adonan, aduk aduk sampai buihnya hilang. Tuang ke dalam loyang dan kukus menggunakan api kecil-sedang sampai matang kurleb selama 35-40 menit. 



Jangan lupa untuk menyimpan halaman website ini (bookmark) untuk mendapatkan artikel resep masakan terbaru lainnya. Salam..

Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :