Resep dan Cara Membuat Es daun sereh, segar menyehatkan

Artikel Terkait Resep Minuman
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Es daun sereh, segar dan menyehatkan, itulah yang terlintas dalam benak saya ketika mendengar nama minuman yang satu ini. Sereh yang biasanya kita gunakan sebagai salah satu bumbu dalam masakan kita sehari-hari, ternyata dapat kita gunakan sebagai minuman yang menyegarkan. Hanya saja untuk menikmati kesegaran dari es daun sereh ini yang kita butuhkan adalah bagian daun dari tumbuhan ini.


Dalam tumbuhan sereh mengandung zat - zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita, diantaranya Vitamin C, Vitamun B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B6, asam folat, dan juga mengandung berbagai mineral seperti, seng, mangan, tembaga, kalsium, fosfor, magnesium, besi, dan potasium.

Sebelum kita lihat resep dan cara pembuatan es daun sereh, ada baiknya kita intip sedikit apa saja manfaat yang terdapat pada tumbuhan yang satu ini.

Manfaat sereh bagi kesehatan
a. Detoksifikasi dalam tubuh ; sereh mempunyai sifat diuretik alami sehingga mampu meningkatkan jumlah buang air kecil, hal tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan organ pencernaan seperti, hati, pankreas, ginjal, serta kandung kemih karena semua racun ikut terbuang dalam air seni.

b. Mengatasi insomnia (sulit tidur) ; sereh bersifat sedatif dan hipnotik yang berfungsi dapat meningkatkan waktu dan kwalitas tidur, serta dapat membantu menenangkan otot dan saraf sehinggga membuat tidur lebih nyenyak.

c. Mengatasi anemia ; kandungan zat besi yang terdapat dalam sereh berfungsi sebagai ksintetis hemoglobin (protein sel darah merah yang dapat membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh) oleh karena itu sereh dapat mengurangi gejala anemia kamu.

d. Menurunkan demam ; efek anti piretik pada sereh dapat membantu si penderita demam untuk merangsang keluarnya keringat, sehingga suhu tubuh dapat lebih terjaga.

e. Dan masih banyak manfaat yang lainnya.

Es daun sereh



Resep es daun sereh
Bahan
  • 2 lembar daun sereh
  • 600 ml air putih siap minum (ambil kurang lebih 200 ml, untuk memblender )
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera

Cara membuat
  • Cuci bersih daun sereh, kemudia potong - potong kecil.
  • Blender potongan daun sereh dengan air, kurang lebih 200 ml air putih siap minum.
  • Setelah itu saring air blenderan daun sereh, dan campurkan ke dalam sisa air putih siap minum.
  • Tambahkan gula pasir secukupnya, aduk - aduk sampai gula larut.
  • Tambahkan es batu secukupnya.
  • Es daun sereh segar siap dinikmati.

Selain dipakai bumbu dapur, sereh juga dapat digunakan sebagai bahan minuman, baik minuman hangat ataupun minuman dingin. Jadi jangan ragu untuk mengeksplor kreasi minuman kamu dengan menggunakan sereh, selain mudah di dapat sereh juga memiliki banyak manfaat. Semoga bermanfaat.



Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :