15 Cara Merebus Jengkol Agar Tak Bau Dan Cepat Empuk, Praktis Pakai Bahan Rumahan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
15 Cara merebus jengkol agar tak aroma dan sigap empuk, praktis pakai bahan rumahan

YouTube/Dapur ibu anin

Kincaimedia - Jengkol merupakan salah satu tanaman polong-polongan nan tumbuh subur di Indonesia. Biasanya jengkol dimasak dengan beragam ramuan rempah jadi jenis hidangan, seperti semur, rendang, balado, dan lainnya. Selain itu, jengkol juga bisa digoreng begitu saja lampau disantap sebagai lalapan.

Tekstur kenyal dan sedikit rasa pahit dari jengkol dianggap dapat menambah selera makan. Namun untuk mendapatkan tekstur kenyal dan empuk, jengkol kudu melewati proses pengolahan nan cukup panjang. Jengkol kudu direndam terlebih dahulu. Nggak nanggung-nanggung, biasanya jengkol perlu direndam semalaman hingga berhari-hari, lho.

Setelah direndam, barulah jengkol direbus. Proses perebusannya juga memerlukan waktu nan cukup lama. Proses pengolahan nan panjang ini membikin sebagian orang enggan untuk mengolah jengkol sendiri lantaran menyantap waktu dan membikin pemakaian gas jadi boros.

Sebagai solusinya, banyak nan menerapkan teknik merebus nan tepat agar jengkol lebih sigap empuk. Selain itu, banyak juga nan menggunakan bahan tambahan agar jengkol tidak lagi bau. Bahan nan digunakan seperti daun jambu biji hingga serbuk kopi.

Nah, buat Anda nan mau mengolah jengkol sendiri di rumah, yuk simak rangkuman BrilioFood dari beragam sumber pada Selasa (12/3), 15 langkah merebus jengkol agar tak aroma dan sigap empuk.

1. Direbus 12 menit pakai serbuk kopi, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam.

15 Cara merebus jengkol agar tak aroma dan sigap empuk, praktis pakai bahan rumahan

foto: YouTube/Wanva Family

Ada sejumlah trik merebus jengkol nan bisa diterapkan biar lebih irit gas dan jengkol sigap empuk. Trik ini pernah dibagikan oleh salah satu pengguna YouTube Wanva Family. Melalui salah satu unggahannya, dia menerapkan langkah merebus jengkol hanya dalam waktu 12 menit saja, lho. Meskipun singkat, namun hasil jengkol nan direbus bisa empuk.

Jadi, sebelum direbus, jengkol perlu direndam selama semalaman terlebih dahulu. Proses ini bakal membikin aroma jengkol sedikit berkurang. Selain itu, jengkol nan direndam bisa merekah dan ukurannya sedikit membengkak, sehingga bakal lebih sigap lembek saat direbus nantinya.

Nah, jengkol nan sudah direndam tinggal dimasukkan ke dalam panci berisi air. Dalam video tersebut, Wanva menambahkan serbuk kopi nan pahit dan sejumlah rempah seperti lengkuas, serai, daun jeruk, dan daun salam. Penambahan bahan-bahan ini bakal menghilangkan aroma tak sedap jengkol sekaligus membikin jengkol makin wangi.

Untuk proses merebusnya, Wanva menggunakan metode 5-30-7. Jadi pertama-tama, rebus jengkol sampai mendidih. Lalu diamkan dalam kondisi mendidih selama lima menit. Setelah itu, matikan api dan diamkan panci dalam kondisi tertutup selama 30 menit.

Barulah kemudian rebus lagi selama tujuh menit. Jika sudah, matikan api dan diamkan lagi selama 23 menit. Suhu panas sisa proses perebusan tadi bisa membantu mematangkan jengkol tersebut. Sehingga walaupun didiamkan dengan kondisi api kompor mati, jengkol tetap bisa empuk. Jadi total perebusan hanya 12 menit.

Nah, terakhir, angkat dan tiriskan jengkol nan sudah direbus. Biar sisa getah dan serbuk kopinya hilang, cuci jengkol di air nan mengalir. Jangan lupa kupas kulit jengkol sebelum siap diolah dengan ramuan rempah lainnya.

(brl/lut)

Selengkapnya
Sumber Temukan Makanan Terbaik
Temukan Makanan Terbaik