15 Cara Mencuci Handuk Dekil, Auto Bersih Seperti Baru Pakai Bahan Sederhana

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
15 Cara mencuci handuk dekil, auto bersih seperti baru pakai bahan sederhana

foto: YouTube/YAHMAN CN

Kincaimedia - Handuk merupakan salah satu perlengkapan krusial saat mandi. Pasalnya, handuk dipakai untuk mengeringkan badan dari sisa air setelah mandi. Karena cukup sering basah, handuk pun perlu rutin dicuci dan dijemur agar permukaannya tidak lembap. Jika tidak, kondisi handuk nan lembap bisa memicu pertumbuhan jamur. Tak hanya itu, tampilannya juga bakal terlihat dekil dan kusam.

Jika handuk sudah telanjur kotor juga bakal susah dibersihkan meski sudah disikat dengan sabun alias detergen. Diperlukan trik unik agar kotoran nan menempel di handuk bisa betul-betul terangkat.

Sejumlah orang akhirnya memilih menggunakan bahan tambahan untuk mencuci handuk nan dekil, seperti sabun cuci piring, baking soda, cuka, hingga micin. Nah, buat Anda nan mau mencobanya di rumah, yuk simak 15 langkah mencuci handuk dekil nan telah dirangkum BrilioFood dari beragam sumber pada Sabtu (20/4).

Cara mencuci handuk dekil pakai sabun cuci piring.

1. Disikat pakai sabun cuci piring dan sabun colek.

15 Cara mencuci handuk dekil, auto bersih seperti baru pakai bahan sederhana

foto: TikTok/@bella_fidellia

Kamu bisa mencuci handuk dekil dengan metode nan dibagikan oleh ibu muda pemilik akun TikTok @bella_fidellia. Ibu muda berjulukan Bella ini mengaku tidak menggunakan detergen ataupun air panas saat hendak mencuci handuk. Dia justru mengandalkan satu bahan dapur untuk mencuci handuk dekil agar kinclong dan tak aroma apek.

Bahan dapur nan dimaksud adalah sabun cuci piring. Dibandingkan detergen, sabun cuci piring lebih minim meninggalkan residu. Hal ini bakal membikin handuk tetap halus, lembut, dan tak apek, lho.

"Alasan saya nyuci pakai S*nlight, lantaran lebih bersih, lebih wangi, dan mengangkat noda minyak," ujar TikTok @bella_fidellia.

Nah, langkah pakainya pun cukup mudah. Pertama-tama, bilas handuk dengan air sampai basah. Setelah itu, tuang sabun cuci piring secukupnya ke seluruh bagian handuk, khususnya nan penuh noda dekil. Jika sudah, langsung gosok-gosok handuk menggunakan sikat baju.

Jika mau hasil lebih maksimal, Anda juga bisa menambahkan sabun sentil saat mencuci handuk. Selain bikin bersih, sabun sentil bakal menghasilkan busa lebih banyak, sehingga handuk lebih mudah disikat. Dengan begitu, kotoran pada handuk juga lebih sigap luntur.

Setelah disikat, bilas handuk dengan air sampai sabunnya betul-betul hilang. Lalu jemur sampai kering. Nah, handuk nan sudah kering ini pun bisa disimpan alias langsung digunakan. Selain warnanya jadi makin cerah, aroma handuk juga lebih wangi dan tak aroma apek.

2. Direndam pemutih pakaian, detergen cair, dan sabun cuci piring, baru dikucek.

15 Cara mencuci handuk dekil, auto bersih seperti baru pakai bahan sederhana

foto: YouTube/YAHMAN CN

Cara mencuci handuk dekil agar kinclong lagi sempat dibagikan oleh pemilik akun YouTube YAHMAN CN. Warganet berkawan disapa Yahman ini diketahui sebagai pemilik upaya laundry, sehingga sudah nggak asing dengan langkah mencuci handuk nan sudah sangat kotor. Usut punya usut, dia hanya butuh tambahan satu bahan dapur untuk mempraktikkan langkah ini.

Yang pertama kudu disiapkan adalah baskom alias ember, lampau masukkan sedikit pemutih busana dan detergen cair. Kemudian, tambahkan sabun cuci piring secukupnya. Yup, sabun cuci piring inilah bahan dapur inti untuk mempraktikkan langkah mencuci handuk ini. Setelah ketiga bahan tersebut masuk, baru larutkan dengan air panas. Pemilik akun YouTube YAHMAN CN mengatakan, dia hanya pakai 1 liter air panas lantaran hanya ada 1 lembar handuk nan bakal dia cuci. Aduk sampai semua racikan bahan pembersih larut dengan air.

Kemudian, rendam handuk di dalam larutan bahan pembersih. Aduk-aduk sejenak untuk memastikan seluruh bagian handuk terendam sempurna. Kalau sudah, biarkan handuk terendam selama beberapa saat agar nodanya lebih mudah hilang.

"Saya tinggal selama 1 jam untuk mengerjakan perihal nan lainnya. Diamkan 1 jam alias bisa lebih," tegas Yahman.

Usai direndam, baru kucek alias sikat handuk sampai nodanya betul-betul hilang. Selagi mengucek, Anda juga bisa menggosokkan sabun batangan agar proses mencuci semakin maksimal. Selanjutnya, jika noda pada handuk sukses luntur, bilas handuk dengan air bersih.

Proses selanjutnya opsional, tapi agar handuk jadi wangi, Anda bisa merendamnya di dalam air larutan pewangi pakaian. Pemilik akun YouTube YAHMAN CN menjelaskan, proses merendam handuk dalam pewangi ini hanya butuh waktu sekitar 5 menit. Kemudian, bilas, peras, dan jemur handuk sampai kering.

(brl/tin)

Selengkapnya
Sumber Temukan Makanan Terbaik
Temukan Makanan Terbaik