15 Cara Mencairkan Bunga Es Freezer, Praktis Pakai Alat Dan Bahan Sederhana

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
15 Cara mencairkan kembang es freezer, praktis pakai perangkat dan bahan sederhana

foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Kincaimedia - Freezer lemari es pada dasarnya mengandung uap air. Saat uap air tersebut berjumpa dengan suhu freezer nan rendah, maka muncullah kembang es di seluruh permukaan freezer.

Bunga es sering menjadi persoalan nan cukup menyebalkan. Pasalnya, jika jumlahnya banyak dan menumpuk, bisa menimbun bahan makanan nan disimpan di dalam freezer. Selain itu, kembang es juga bisa membikin pintu freezer susah ditutup rapat.

Maka dari itu, kembang es perlu dibersihkan secara berkala. Sebagian orang biasanya membiarkan kembang es mencair agar lebih mudah dibersihkan. Hal ini dilakukan dengan mencabut daya listrik kulkas. Selain langkah tersebut, Anda juga bisa mencairkannya dengan support perangkat dan bahan sederhana nan ada di rumah, seperti menggunakan air hangat, hairdryer, hingga kipas angin.

Nah, buat Anda nan mau mencairkan kembang es, berikut BrilioFood rangkum dari beragam sumber pada Rabu (6/3), 15 langkah mencairkan kembang es freezer pakai perangkat dan bahan sederhana.

1. Disiram pakai air panas, lampau dicairkan pakai kipas angin.

15 Cara mencairkan kembang es freezer, praktis pakai perangkat dan bahan sederhana

foto: TikTok/@lia_melisa91

Seorang pengguna TikTok @lia_melisa91 pernah membagikan tentang trik sigap mencairkan kembang es. Melalui salah satu video nan diunggah, dia mengaku hanya menggunakan perangkat sederhana nan ada di rumah. Walaupun begitu, kembang es bisa mencair dengan cepat. Freezer pun kembali bersih.

"Cukup 15 menit, kembang es di freezer hilang," kata TikTok @lia_melisa91.

Dilansir BrilioFood dari akun TikTok @lia_melisa91, perihal pertama nan kudu dilakukan adalah mencabut kabel lemari es dari steker alias stop kontaknya. Setelah itu, keluarkan semua bahan makanan nan disimpan di freezer. Intinya, pastikan freezer kosong, ya.

Jika sudah, langsung siram setiap sisi freezer dengan air panas secara perlahan. Lakukan proses penyiraman dengan merata, ya. Jika sudah, nyalakan kipas angin dengan kecepatan tinggi dan posisikan tepat di depan freezer nan terbuka.

Nah, kipas angin ini bakal membikin kembang es semakin mencair cepat. Namun agar area lemari es lain tidak basah lantaran genangan air, pastikan Anda meletakkan kain di bawah freezer dan di bawah kulkas, ya. Dengan begitu, kembang es nan mencair bakal langsung terserap ke kain tersebut dan bikin lemari es nggak banjir.

Ketika kembang es sudah mencair, jangan lupa lap bagian freezernya. Lalu pastikan freezer betul-betul kering. Barulah kemudian nyalakan kembali lemari es lampau naikkan suhu freezer. Dengan begitu, freezer bisa digunakan kembali untuk menyimpan bahan makanan.

(brl/tin)

Selengkapnya
Sumber Temukan Makanan Terbaik
Temukan Makanan Terbaik