15 Cara Membersihkan Talenan, Mudah Pakai Bahan Sederhana

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
15 Cara membersihkan talenan, mudah pakai bahan sederhana

YouTube/ResepMasakan13

Kincaimedia - Talenan merupakan salah satu peralatan dapur nan cukup sering digunakan, terutama untuk memotong makanan. Terdapat dua jenis talenan nan umum digunakan, ialah talenan kayu dan talenan plastik. Meski terbuat dari bahan nan berbeda, kedua jenis talenan tersebut kudu tetap dirawat agar tetap bersih dan higienis saat dipakai.

Namun terkadang, usai dipakai untuk mengiris beberapa ramuan masak seperti cabe alias kunyit, talenan jadi bernoda. Jika tak segera dibersihkan, noda tersebut bakal menempel dan susah dihilangkan. Bahkan dengan sabun cuci piring sekalipun.

Sejumlah orang pun lantas memilih untuk menggunakan bahan tambahan untuk menghilangkan noda pada talenan. Bisa memakai garam, baking soda, jeruk nipis, hingga cuka.

Nah, lantas seperti apa sih langkah sekaligus bahan nan bisa dipakai untuk membersihkan talenan? Berikut BrilioFood rangkum dari beragam sumber pada Jumat (29/3), 15 langkah membersihkan talenan pakai bahan sederhana.

1. Digosok pakai baking soda dan lemon.

15 Cara membersihkan talenan, mudah pakai bahan sederhana

foto: Instagram/@diidii_winfleur

Kamu bisa meniru trik nan dibagikan oleh pengguna IG @diidii_winfleur. Melalui salah satu video nan diunggah, dia mengaku tidak mencuci talenan kayu dengan sabun. Namun ada dua bahan dapur lain nan lebih digunakan untuk membersihkan talenan jejak cabe agar aroma pedasnya bisa hilang.

Bahan dapur nan dimaksud adalah baking soda dan lemon. Nah, caranya pun mudah. Kamu cukup menaburkan baking soda terlebih dulu ke permukaan talenan kayu nan kotor.

Jika sudah ditaburkan secara merata, beri perasan air lemon. Lalu gunakan irisan lemon (yang sudah diperas) tersebut untuk menggosok permukaan talenan. Gosok secara merata sembari diperas lagi lemonnya.

Selanjutnya, bilas talenan sampai bersih di bawah air mengalir. Nah, kedua bahan dapur ini pada dasarnya sudah membikin talenan jadi bersih. Namun jika mau lebih bersih maksimal, Anda dapat mencucinya kembali dengan sabun seperti biasa.

Nah, talenan nan sudah dicuci ini bisa dikeringkan terlebih dulu sebelum disimpan. Pasalnya menyimpan talenan nan tetap basah bisa meningkatkan akibat tumbuhnya jamur dan noda hitam. Oleh karena itu, pastikan talenan selalu bersih dan kering agar selalu higienis saat digunakan sewaktu-waktu.

(brl/lut)

Selengkapnya
Sumber Temukan Makanan Terbaik
Temukan Makanan Terbaik