10 Minuman Pelancar Bab, Efektif Dengan Bahan Alami

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Dilansir dari Siloam Hospital (29/8/2023), sembelit, alias nan sering disebut sebagai konstipasi, adalah sebuah gangguan pencernaan nan menyebabkan berkurangnya gelombang buang air besar.

Gejala-gejala sembelit meliputi sensasi tidak nyaman saat mau buang air besar, mengejan saat buang air besar, dan feses nan kering, padat, dan keras.

Nah jika Anda sedang mengalami sembelit, berikut beberapa tips melancarkan BAB alias mengatasi sembelit nan efektif menggunakan minuman alami.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Deretan Minuman Alami Pelancar BAB

Beberapa minuman berikut mempunyai faedah untuk memperlancara BAB dan mengatasi sembelit. Bahannya pun ada di sekitar kita dan tidak terlalu susah dicari.

1. Jus Apel

Kandungan serat pangan dan sorbitol dalam saribuah apel membantu dalam pencernaan nan baik dan melawan sembelit. Kehadiran pektin, serat dalam saribuah apel, berfaedah dalam merangsang proses pencernaan dan meningkatkan kegunaan usus.

Selain itu, saribuah apel mengandung persediaan nutrisi nan besar seperti vitamin C, A, dan kalsium nan menawarkan banyak faedah kesehatan dan mengoptimalkan daya tubuh secara keseluruhan.

2. Kopi

Beberapa orang memulai harinya dengan minum secangkir kopi untuk tetap aktif dan berenergi sepanjang hari. Kopi mengandung masam klorogenat nan memicu sekresi masam dalam saluran pencernaan.

Hal ini dapat memicu aktivitas peristaltik dan mengirimkan sinyal ke otak bahwa sudah waktunya buang air besar.

Bahkan penelitian telah menemukan bahwa 29% orang merasakan dorongan untuk buang air besar dalam waktu 20 menit setelah minum secangkir kopi.

Tetapi perlu diingat juga, terlalu banyak kopi justru juga dapat menyebabkan sembelit lantaran tubuh kita terdehidrasi dengan baik.

3. Jus Lidah Buaya

Jus lidah buaya mengandung senyawa bioaktif nan dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu kandungannya juga efektif dalam menghidrasi tubuh kita.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan meminum segelas saribuah lidah buaya nan dicampur dengan saribuah lemon saat perut kosong. Hal ini bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi sembelit.

4. Air Putih

Salah satu penyebab nan sering terjadi pada orang sembelit adalah kurangnya cairan pada tubuh. Selain menghidrasi tubuh, kandungan magnesium dan sulfat pada air putih juga memberikan pengaruh pencahar.

Nah jika Anda sering merasa sembelit, cobalah untuk memperbaiki pola hidupmu dengan memperbanyak minum air putih. Sesuai anjuran, konsumsi air putih nan baik untuk orang dewasa adalah 1,5 sampai 2 liter per hari.

5. Air Lemon

Kaya bakal vitamin C dan antioksidan, lemon membantu melunakkan feses sehingga lebih mudah untuk buang air besar.

Selain itu, air lemon juga berfaedah sebagai minuman detoks nan membersihkan sistem dan mempercepat proses buang air besar.

Minumlah segelas air lemon alias tambahkan 2 sendok teh saribuah lemon ke segelas air hangat pertama kali di pagi hari untuk mengatasi sembelit.

6. Teh Jahe

Teh jahe dikenal lantaran kemampuannya untuk merangsang pencernaan dan metabolisme.

Jahe mengandung senyawa bioaktif seperti gingerol dan shogaol, nan telah diteliti potensinya untuk meningkatkan kesehatan usus dan mempercepat aktivitas makanan melalui sistem pencernaan. Dengan begitu, teh jahe bisa efektif dalam melancarkan BAB.

7. Teh Peppermint

Masih dengan teh herbal, teh peppermint juga telah dipercaya dapat meredakan sembelit dan melancarkan BAB sejak era dulu.

Teh ini mempunyai dua kandungan nan bakal membikin perutmu lebih nyaman ialah antispasmodik dan karminatif.

Sifat antipasmodiknya dapat merilekskan otot saluran pencernaan dan mengurangi indikasi kram perut. Sementara sifat karminatifnya dapat mengurangi gas dan kembung.

8. Jus Seledri

Jus seledri kaya bakal serat, membuatnya sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan seratnya membantu melawan sembelit dan mempertahankan kesehatan usus.

Tak hanya itu, saribuah seledri juga berfaedah sebagai prebiotik, ialah memberikan makanan nan diperlukan bagi kuman baik di usus.

Dengan demikian, saribuah seledri membantu menjaga keseimbangan kuman dalam sistem pencernaan kita, nan krusial untuk mengatasi sembelit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

9. Teh Hijau alias Teh Hitam

Baik teh hitam alias hijau mengandung beragam senyawa bioaktif, termasuk masam amino, kafein, lignin, protein, xantin, dan flavonoid dalam jumlah nan besar.

Karena kandungannya, keduanya dianggap sebagai minuman sehat nan mempunyai banyak faedah untuk tubuh kita.

Kandungan kafein nan tinggi dalam teh hitam dan hijau juga membuatnya mempunyai pengaruh pencahar ringan nan dapat merangsang sistem pencernaan.

10. Jus Pepaya

Serat dan air nan terkandung dalam saribuah pepaya efektif dalam mencegah sembelit dan memperbaiki kelancaran buang air besar.

Jus pepaya juga mengandung enzim papain nan berkedudukan dalam memfasilitasi pencernaan dengan mengurai serat protein menjadi corak nan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Nah itu dia beberapa minuman alami nan efektif untuk mengatasi sembelit dan memperlancar BAB. Semoga bermanfaat.

Simak Video "Tips Alami Atasi Sembelit ala Refal Hadi"
[Gambas:Video 20detik]
(inf/inf)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food