10 Minuman Diet Alami, Sehat Dan Ampuh Turunkan Berat Badan

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Diet alias pengaturan pola makan adalah solusi bagi nan mau hidup sehat. Dengan pengaturan nan tepat, berat badan nan kelebihan bisa berkurang menjadi lebih ideal.

Pengaturan diet meliputi semua nan masuk ke dalam tubuh, termasuk minuman. Bagi nan mau punya tubuh lebih sehat, berikut minuman diet alami nan bisa dicoba.

10 Minuman Diet Alami

Sebagian besar minuman mengandung serat, sehingga membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Dirangkum dari laman Healthline dan Woman's Health magazine, berikut rekomendasinya:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Teh Hijau

Kandungan antioksidan katekin dan kafein dalam teh hijau terbukti dapat membantu proses pembakaran lemak. Selain baik untuk diet, Dokter Katherine Donelan, RD dari Stanford Health Care juga menyarankan untuk konsumsi 1-4 cangkir teh hijau per harinya sebagai bagian dari diet untuk mengurangi akibat kanker.

2. Teh Herbal

Teh herbal nan rendah kalori bisa menjadi pilihan minuman diet nan dapat merelaksasi tubuh. Teh dengan lavender alias chamomile misalnya, merupakan salah satu ragam teh herbal nan bikin rileks. Ada juga teh peppermint nan berfaedah untuk melancarkan pencernaan.

3. Susu dari kacang-kacangan

Menurut sebuah studi tahun 2020, minuman nabati condong mempunyai lebih sedikit kalori dibanding susu sapi perah biasa. Karena itu, konsumsi susu berbasis kacang-kacangan efektif dalam menurunkan berat badan dan asupan kalori. Sebagai contoh, 1 cangkir susu almond hanya mengandung 60 kalori. Sementara 1 cangkir susu biasa mengandung 149 kalori.

4. Teh Kombucha

Satu lagi jenis teh nan kaya faedah ialah teh kombucha. Kandungan cairan kombucha disebut dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Kombucha juga mengandung antioksidan dan probiotik untuk meningkatkan kesehatan. Namun, pastikan untuk memilih kombucha dengan kandungan gula kurang dari 15 gram per botolnya.

5. Air kelapa

Air kelapa dengan kandungan elektrolit berfaedah untuk menjaga hidrasi tubuh selama diet. Nutrisi lainnya nan terkandung dalam air kelapa seperti vitamin C, magnesium, mangan, kalium, mineral, dan antioksidan. Karena air kelapa juga mengandung gula, disarankan untuk menyeimbangkan konsumsi air kelapa dengan air putih.

6. Cuka apel

Walaupun terasa asam, cuka apel mempunyai sejumlah faedah bagi kesehatan, seperti membantu mengatur gula darah dan mengurangi berat badan dengan memberikan rasa kenyang. Sebuah studi tahun 2018 oleh Journal of Functional Foods menunjukkan bahwa konsumsi cuka apel nan dikombinasikan dengan diet rendah kalori efektif untuk mengurangi rasa lapar pada penyintas obesitas.

7. Jus dari sayur-sayuran hijau

Jus dari campuran sayur-sayuran hijau nan rendah gula, tinggi serat dan kaya bakal antioksidan cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Jus ini mudah dibuat di rumah dan isinya dapat disesuaikan dengan selera. Dengan mencampurkan bayam, mentimun apel hijau, dan seledri, Anda sudah bisa membikin minuman saribuah nan menyehatkan.

8. Jus wortel

Jus wortel nan kaya vitamin A dan karotenoid berpengaruh dalam meningkatkan asupan serat dan membantu mengendalikan nafsu makan. Berdasarkan sebuah penelitian terhadap 28 laki-laki obesitas, lemak perut mereka terbukti menurun secara signifikan setelah rutin mengonsumsi saribuah wortel selama 8 minggu.

9. Jus buah delima

Selain lezat dan menyegarkan, saribuah buah delima merupakan minuman rendah kalori nan efektif menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menyebut bahwa buah delima dapat mengurangi perubahan gula darah nan biasa menyebabkan seseorang lebih sigap lapar.

10. Jus semangka

Bukan hanya kandungan kalorinya nan sedikit, buah semangka juga merupakan sumber antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan kalium nan baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, dalam sebuah penelitian pada 33 orang, berat badan golongan tersebut terbukti turun setelah 4 minggu rutin meminum dua gelas saribuah semangka.

Berbagai ragam minuman nan tinggi serat, rendah, gula, dan antioksidan merupakan pengganti untuk menurunkan berat badan. Pastikan tidak memberi gula terlalu banyak, untuk menjaga minuman tetap sehat.

Simak Video "Viral Penjual Es Buah Cantik di Kudus, Pembeli Rela Antre"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food