10 Makanan Yang Mengandung Zat Besi, Baik Untuk Anak-anak

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Ada banyak makanan nan mengandung unsur besi. Namun, mungkin tak semuanya cocok dikonsumsi anak-anak. Padahal unsur besi krusial untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Zat besi dibutuhkan tubuh untuk membikin hemoglobin dan memberikan warna pada sel darah merah. Hemoglobin ini bakal membawa oksigen ke seluruh sel dalam tubuh. Kekurangan unsur besi bakal membikin kita anemia.

Simak tulisan ini untuk mengetahui 10 makanan nan mengandung unsur besi dan cocok dikonsumsi anak-anak, komplit dengan indikasi kekurangan unsur besi dan jumlah kebutuhan unsur besi pada anak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Makanan nan Mengandung Zat Besi untuk Anak-anak

Berikut ini 10 makanan nan mengandung unsur besi untuk anak-anak, seperti dilansir dari Healthline:

1. Sereal Fortifikasi

Sereal dan oatmeal fortifikasi alias nan sudah diperkaya nutrisi adalah langkah lezat untuk memastikan anak-anak mendapatkan cukup unsur besi.

Satu porsi sereal nan diperkaya unsur besi biasanya mengandung 100 persen nilai harian unsur besi hanya dalam satu porsi. Lihat pada label untuk mengetahui kandungannya.

Anda bisa menambahkan buah-buahan pada sereal alias oatmeal, seperti stroberi untuk memberi asupan vitamin C. Namun perlu diketahui, sereal sering kali mengandung gula nan tinggi.

2. Kacang Hijau

Kacang hijau mempunyai kandungan protein, serat, unsur besi, dan nutrisi lainnya. Ketika dibuat bubur, banyak anak nan bakal menyukainya. Setengah cangkir kacang hijau mengandung 1 mg unsur besi.

Selain bubur, kacang hijau bisa diolah sebagai makanan tambahan dalam sup, semur, dan nasi gurih.

3. Bayam

Bayam dan sayuran berdaun hijau tua lainnya, seperti kangkung dan brokoli termasuk sumber unsur besi nan terbaik. Setengah cangkir bayam nan direbus dan dikeringkan mengandung sekitar 3 mg unsur besi.

Anda bisa mencampurkan sayuran ini dengan langkah dicincang lembut dan memasukkannya ke dalam makanan lain agar anak mau memakannya.

4. Kismis dan Buah Kering

Anak-anak tentu suka nan manis-manis. Maka kismis dan buah kering bisa menjadi cemilan lezat dengan kandungan unsur besi. Manfaat lainnya adalah bisa mencegah sembelit.

5. Telur

Telur biasanya menjadi sumber protein nan wajib tersedia di rumah. Satu butir telur rebus mengandung 1 mg unsur besi. Selain direbus, telur juga bisa digoreng, dibuat sandwich, dibuat omelet, sayur orak-arik, dan sebagainya.

Pastikan telur dalam kondisi segar dan matang secara penuh. Telur ayam kampung nan segar dan organik lebih baik untuk dikonsumsi.

6. Biji Labu

Biji labu juga bisa menjadi pilihan makanan nan mengandung unsur besi untuk anak. Biji-bijian ini juga mengandung protein, serat, lemak sehat, dan mineral nan baik. Seperempat cangkir biji labu mengandung 2,5 mg unsur besi.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa menjadi pilihan jika anak tidak menyukai daging. Kacang ini termasuk kedelai, kacang merah, lentil, kacang panggang, dan buncis.

8. Tuna

Ikan tuna adalah sumber protein rendah kalori, rendah lemak, dan mengandung unsur besi, omega-3, serta nutrisi krusial lainnya. Tiga ons tuna ringan nan dikalengkan mengandung 1 mg unsur besi.

9. Tahu

Tahu juga cocok bagi anak-anak nan tidak doyan daging. Makanan ini terbuat dari kedelai nan mengandung protein, kalsium, dan tentunya unsur besi.

Setengah cangkir tahu mengandung 3 mg unsur besi. Tahu dapat diolah dalam beragam masakan.

10. Daging Tanpa Lemak

Terakhir adalah daging tanpa lemak. Ada banyak pilihan, seperti daging unggas, daging sapi, dan jeroan. Jika anak susah menyantap daging, cobalah dengan mencincang alias menggilingnya.

Gejala Kekurangan Zat Besi pada Anak

Zat besi dibutuhkan untuk menjaga agar otak tetap dapat berkembang secara normal. Kekurangan unsur besi bisa menimbulkan banyak masalah.

Dilansir dari situs Caring for Kids, berikut ini beberapa indikasi kekurangan unsur besi pada anak:

  • Kulit pucat
  • Nafsu makan berkurang
  • Kenaikan berat badan nan lambat
  • Mudah rewel
  • Sulit berkonsentrasi
  • Merasa capek dan lemah

Kebutuhan Zat Besi Pada Bayi dan Anak

Pastikan kebutuhan unsur besi pada bayi dan anak-anak cukup. Tapi tahukah Anda berapa kebutuhan mereka dalam sehari?

Berikut ini jumlah kebutuhan unsur besi per hari pada bayi dan anak berasas usia:

  • 7-12 bulan = 11 mg
  • 1-3 tahun = 7 mg
  • 4-8 tahun = 10 mg
  • 9-13 tahun = 8 mg
  • 14-18 tahun = 11 mg untuk laki-laki, 15 mg untuk perempuan

Sementara untuk bayi baru lahir, mereka pada umumnya sudah mempunyai persediaan unsur besi dari ibu mereka selama di rahim. Hingga usia 6 bulan, mereka hanya memerlukan ASI untuk mencukupi unsur besi dan nutrisi lainnya.

Demikian tadi telah kita ketahui 10 makanan nan mengandung unsur besi untuk anak-anak, komplit dengan info indikasi kekurangan unsur besi dan kebutuhan unsur besi pada bayi dan anak.

Simak Video "Melihat Fenomena War Takjil di Benhil"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/inf)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food