10 Cara Menghilangkan Bau Kulkas Tak Sedap Dengan Mudah

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Keberadaan lemari es tentu sangat krusial di rumah. Segala jenis bahan makanan biasa kita simpan di dalamnya agar awet.

Namun tahukah kamu, ketika ada satu bahan nan tumpah alias busuk, itu bisa membikin lemari es menjadi bau. Untuk itu, semestinya kita kudu rajin-rajin menyortir makanan dan membersihkan lemari es dengan teratur.

Jika terlanjur muncul aroma tak sedap dari kulkas, coba lakukan 10 langkah menghilangkan aroma lemari es berikut ini. Caranya mudah dan cukup menggunakan bahan nan tidak susah didapat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut ini 10 langkah menghilangkan aroma lemari es nan tak sedap, seperti dilansir dari situs The Foo Dellers dan Better Homes & Gardens.

1. Bersihkan Wadah Tetes Kulkas

Setiap lemari es biasanya dilengkapi dengan wadah tetesan nan menangkap kondensasi dari lemari es agar tidak bocor ke dapur. Air ini lama-kelamaan berkumpul hingga penuh dan menghasilkan aroma tak sedap.

Wadah ini biasanya berada di belakang kulkas. Geser lemari es dari tembok terlebih dulu baru kemudian ambil wadahnya dan buang airnya. Namun jika airnya terlalu penuh, berhati-hatilah agar tidak tumpah.

2. Angin-anginkan Kulkas

Jika lemari es sudah terasa lembap, maka bakal menjadi tempat nan ideal untuk kuman dan jamur bertumbuh. Kosongkan kulkas, lap bagian lemari es nan basah, lampau angin-anginkan agar tidak lembap selama sekitar 1 jam, baru masukkan lagi barang-barang ke dalam kulkas.

3. Pakai Soda Kue

Soda kue dikenal dapat menangkap dan menyerap bau. Caranya adalah dengan menaburkan sedikit soda kue pada spons basah, lampau letakkan di rak kulkas. Tambahkan lagi soda kue sesuai kebutuhan.

4. Buatlah Pengharum

Kamu juga bisa menggunakan soda kue menjadi pengharum alami. Gunakan toples ramuan bekas. Masukkan soda kue ke dalam toples.

Lubang di bagian atas memungkinkan partikel aroma bergesekan dengan soda kue. Tambahkan juga beberapa tetes minyak esensial jeruk untuk campuran nan lebih harum!

5. Pakai Arang Aktif

Arang aktif alias karbon aktif adalah serbuk hitam lembut nan berfaedah sebagai spons untuk menyerap partikel mini nan menyebabkan aroma lemari es nan tidak sedap.

Arang aktif sering digunakan dalam sistem penyaringan air untuk menghilangkan kontaminan dari air, dan berfaedah serupa untuk memurnikan udara.

Di kulkas, letakkan satu sachet arang aktif di rak lemari es untuk membantu menyerap kelembapan dan menghilangkan aroma kulkas.

6. Netralkan dengan Bubuk Kopi

Bubuk kopi juga bisa dijadikan sebagai penetral aroma kulkas. Baunya nan kuat dan wangi dapat menjadi pengharum kulkas. Tapi kopi mungkin bakal memberikan aroma pada barang-barang lain. Simpan bahan makanan dengan kemasan.

7. Taruh Cuka di Kulkas

Cuka berfaedah sama persis dengan bikarbonat nan bisa menghilangkan aroma tak sedap di kulkas.

Tapi lantaran cuka mempunyai aroma nan sangat khas, maka cuka kudu digunakan dalam persentase nan jauh lebih kecil. Untuk lemari es berukuran sedang, cukup separuh gelas untuk mendapatkan pengaruh nan diinginkan.

8. Letakkan Potongan Lemon

Potonglah lemon menjadi beberapa bagian dan letakkan di dalam mangkuk lemari es. Lemon bakal menyerap aroma dan menghilangkan aroma tak sedap. Tapi ingat, lemon juga kudu diganti setidaknya seminggu sekali. Jika busuk, lemon justru bakal memberi aroma tak sedap.

9. Taruh Kentang nan Sudah Dikupas

Kentang juga bisa menyerap aroma kulkas. Caranya dengan mengupas kentang dan menaruhnya di lemari es. Kentang dapat menyerap bau, tetapi kudu rutin diganti setiap 2-3 hari dan disimpan di lemari es sampai baunya hilang.

10. Gunakan Cengkeh

Cengkeh mempunyai aroma nan unik dan harum. Kamu bisa mencampurkan cengkeh dengan lemon alias jeruk. Taruh di wadah dan masukkan ke dalam lemari es sampai mengering.

Nah, itulah tadi 10 langkah menghilangkan aroma lemari es nan tidak sedap dengan langkah mudah. Selamat mencoba!

Simak Video "Sajian Praktis Ramadan: Sambal Daging Cabai Hijau"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/inf)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food